Alternatif bekerja di Rumah

Kamis, 17 Januari 2008

TEMPE (ALTERNATIF)

Tempe umumnya terbuat dari kacang kedelai. Pernahkah terpikir oleh Anda untuk membuat tempe dari bahan yang lain ????


Di beberapa daerah sudah digunakan bahan pembuat tempe seperti Jagung, Kacang Merah, Ampas Tahu, Biji Benguk, Kacang Hijau. Yang cukup popular di Jawa timur yaitu Tempe dari Ampas Tahu yang biasa disebut Tempe Menjes, Tempe Genjos dan lain penyebutannya. Pengolahannya sebagian besar di goring dengan diberi tepung dan dioleskan ke saus petis pedas. Rasanya Luar Biasa. Mak Nyussss .Begitu juga Tempe dari kacang Merah yang cukup popular di daerah Malang dan sekitarnya. Tempe ini harus digoreng dengan tepung karena mudah hancur.


Tahukah Anda kalau Tempe yang terbuat dari Ampas Tahu pun masih tinggi protein meskipun sudah diperas sari nya untuk pembuatan Tahu ??? Selain Tempe dari Ampas Tahu, Tempe Kacang dan Tempe Kedelai juga tinggi protein. Untuk tempe dari Jagung, kadar proteinnya kurang lebih 5% , tetapi tempe ini sangat tinggi karbohidarat. Jadi bisa mengenyangkan dong. Sayangnya tempe jagung ini kalah rasanya dibanding tempe dari bahan lain.


Dari segi rasa memang sudah diakui kalau tempe dari kedelai lah yang paling enak. Apalagi kalau pembuatannya dengan menggunakan pembungkus daun misalnya tempe mendoan yang banyak kita dapatkan di Jawa Tengah. Berdasarkan penelitian dari segi rasa, tempe terasa lebih nikmat bila saat pembuatannya dibungkus dengan daun dibandingkan dengan plastic. Masalahnya saat ini daun pisang untuk pembungkus tempe ini sudah agak susah untuk dicari. Maka plastiklah yang menjadi solusinya.


Sumber : Wawancara dengan M. Alfian, ST (17-1-2008 jam 20.00)

Tidak ada komentar:

Buat Web Mu Nge Hasilin Duit

Pusing nge klik terus di PTC atau PPC ? Join aja kesini, gak usah pake klik, tinggal join aja bisa dapat uang (komisi gratis). Sudah terbukti 100% gratis: http://www.komisigratis.net/?id=bigprofit99