Alternatif bekerja di Rumah

Selasa, 26 Februari 2008

Dekok (air rebusan) Daun Sirih (Piper Betle Linn) Mampu menghambat pertumbuhan Candida albicans.

Sejak jaman dahulu sudah diketahui kalau sirih mampu menghambat pertumbuhan kuman, terutama Candida albicans yang sering menyebabkan keputihan pada wanita. Zat yang dapat menghambat pertumbuhan kuman yang terkandung pada Sirih antara lain adalah zat phenol betle (cavicol, cavibetol, carvacrol, eugenol dan alliphyrocatechol).


Menurut penelitian dari Sjoekoer dkk (Peneliti mikrobiologi dari FK Unibraw) bahwa infusum sirih dapat menghambat pertumbuhan E.coli, Staphylococcus koagulase positif, Salmonella typhosa, bahkan Pseudomonas aeruginosa yang kerap kali resisten terhadap antibiotik.


Menurut penelitian penulis, sebenarnya pada konsentrasi 3,25% sudah terjadi penghambatan pertumbuhan Candida albicans, tetapi hambatan total (tidak didapatkan koloni kuman) baru terjadi pada konsentrasi 7,5%. Kematian kuman ini diduga disebabkan karena adanya perusakan membran plasma, inaktivasi enzim, dan denaturasi protein.


Cara pembuatan dekok sirih ini sangatlah mudah, cukup dengan merebus sirih sesuai dengan langkah-langkah berikut :

  1. Potong-potong sirih menjadi potongan kecil-kecil kemudian timbang sebanyak 20 gr.
  2. Masukkan kedalam wadah tertutup (bisa pakai labu erlemeyer) yang tebuat dari kaca, porselen, atau panci yang dicat.
  3. Tambahkan aqua sebanyak 100 cc
  4. Tutup rapat wadah (bisa dengan alumunium foil), kemudian panaskan pada suhu kurang lebih 100 o C selama 15 menit
  5. Kemudian biarkan dingin
  6. Setelah dingin tuang airnya saja à didapatkan larutan 20%
  7. Larutan bisa diencerkan dengan penambahan aqua untuk mendapatkan konsentrasi yang lebih rendah.

Resep diatas hanyalah contoh untuk mendapatkan larutan 20% sebanyak 100 cc, bila Anda menghendaki yang lebih banyak silahkan membuatnya dengan takaran kelipatannya.

Dekok ini akan berwarna kuning kehijauan dan jernih. Bila sudah disimpan lebih dari satu hari akan berubah menjadi warna coklat keruh , berati dekok ini sudah mengalami oksidasi. Untuk pemakaian usahakan masih dalam keadaan belum berubah warna menjadi kecoklatan.

NB: Dekok Sirih ini sebaiknya hanya untuk obat luar dan bukan untuk diminum!!!!

Tidak ada komentar:

Buat Web Mu Nge Hasilin Duit

Pusing nge klik terus di PTC atau PPC ? Join aja kesini, gak usah pake klik, tinggal join aja bisa dapat uang (komisi gratis). Sudah terbukti 100% gratis: http://www.komisigratis.net/?id=bigprofit99