Alternatif bekerja di Rumah

Minggu, 25 Mei 2008

TAMAN DIATAP GEDUNG SEBAGAI ALTERNATIF MENGURANGI GLOBAL WARMING bagian 1




Gambar : Taman diatas gedung. Tampak sebelum dan sesudah dibangun.

Masalah yang paling trend dibicarakan saat ini adalah tentang pemanasan global. Semua berusaha mencari solusi untuk mengurangi dampaknya, bahkan didunia internasional terjadi perdebatan antara negara-negara industri dengan negara-negara pemilik hutan tropis. Perdebatan sengit terjadi dengan saling menyalahkan dimana negara-negara industri yang didominasi negara Amerika dan Eropa menyalahkan negara tropis karena membiarkan terjadi penggundulan hutan, sementara itu negara-negara pemilik hutan tropis balik menghujat bahwa pembuang gas emisi terbesar adalah negara-negara industri begitu pula pemakai produk-produk kayu dari hutan tropis sebagian besar adalah negara maju.

Sehingga saat ini bukanlah sebuah solusi untuk saling menyalahkan tapi kita harus mencarai solusi. Solusi yang ditawarkan adalah penanaman hutan kembali (reboisasi), pelestarian hutan, dan penangkapan pelaku ilegal logging. Meskipun hal ini sudah dilakukan, efek rumah kaca yang saat ini sudah terjadi belum dapat berkurang karena hutan yang kita reboisasi saat ini barulah akan memberikan dampak sepuluh hingga dua puluh tahun lagi. Dan dari pihak negara – negara industri seharusnya juga ikut melakukan tindakan penanaman tanaman dilahan yang ada didekat mereka sehingga gas CO2 yang dihasilkan industri mereka dapat segera terserap.

Keterbatasan lahan didekat daerah industri maupun di kota-kota besar menjadi kendala untuk melakukan penghijauan. Daerah yang padat dengan gedung bertingkat dan apartemen menjadi menarik bagi saya untuk mengemukakan ide membuat taman diatap gedung bertingkat untuk mengurangi dampak pemanasan global. Sebanarnya ini bukan suatu hal yang baru karena di kota Chicago Amerika Serikat sudah dibuat suatu taman diatas gedung bertingkat, dan taman yang mulai di bangun pada tahun 2000 itu sudah tampak sangat indah seolah bukan taman diatas gedung pada tahun 2004 (www.cityofchicago.org).

Ide mengenai pembangunan taman diatas gedung juga sudah pernah disampaikan oleh M. Alfian ST di sebuah lomba karya ilmiah di Jakarta tahun 2001. Tetapi apa salahnya bila hal ini saya ulas kembali dalam bentuk suatu artikel yang dapat dibaca pada tahun 2008.

Bayangkan saja bila puncak-puncak gedung berubah menjadi hijau dan udara di kota menjadi segar, atau bahkan bila taman di puncak gedung itu menjadi wahana wisata kota tentulah akan memberikan penghasilan tambahan bagi pemerintah kota maupun pemilik gedung tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus..

Buat Web Mu Nge Hasilin Duit

Pusing nge klik terus di PTC atau PPC ? Join aja kesini, gak usah pake klik, tinggal join aja bisa dapat uang (komisi gratis). Sudah terbukti 100% gratis: http://www.komisigratis.net/?id=bigprofit99