Alternatif bekerja di Rumah

Minggu, 25 Mei 2008

TAMAN DIATAP GEDUNG SEBAGAI ALTERNATIF MENGURANGI GLOBAL WARMING bagian 2


Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan taman di atap gedung :

Pertama pastikan dahulu konstruksi atap gedung kuat menahan beban adanya tanah dan tanaman diatasnya. Pastikan juga bahwa atap gedung memiliki saluran pembuangan air yang memadai.

Kedua buat akses kepuncak gedung, bagaimanapun untuk membuat taman di puncak gedung harus mengangkuti banyak benda dan tanaman keatas. Akses keatas kegung ini bisa dibangun sendiri maupun yang dijual (www.livingdaylight.co.uk) .Dan pastikan itu tidak mengganggu orang lain.

Ketiga buat konstruksi pelindung angin dan panas sebelum taman yang Anda buat rusak dikarenakan angin kencang yang bertiup di puncak gedung dan panas yang tinggi. Perlu dibuat semacam atap pelindung dan pastikan peletakan kontainer Anda aman dari terpaan angin.

Keempat pertimbangkan penggunaan material yang ringan untuk mengurangi beban yang berat

Kelima penyiraman dan pemilihan tanaman karena suhu di puncak gedung yang lebih tinggi daripada suhu diatas tanah. Penyiraman harus lebih sering karena penguapan terjadi lebih cepat dan tanaman yang dipilih adalah tanaman yang tahan panas.

Keenam pemberian alas dibawah tanaman untuk mencegah kerusakan pada atap gedung.

Teknik yang dapat dipakai dalam pembuatan taman diatap gedung adalah :

  1. Container Gardening

Bercocok tanam dalam kontainer dapat dilakukan dengan menanam tanaman menggunakan pot, polibag, barang-barang bekas (ban, jerigen, drum, bak dan lain-lain ).

  1. Hidroponik

Bercocok tanam hidroponik cocok untuk dilakukan karena tidak butuh tanah yang banyak. Tetapi kendalanya adalah air dan suhu yang ekstrem di puncak gedung

  1. Kombinasi Container Gardening dengan Pilar Gardening

Penggunaan tiang- tiang dan kawat untuk merambatkan tanaman dapat dipakai dengan dikombinasikan dengan teknik Container Gardening. Kelebihan teknik ini bisa di pakai sebagai atap daun untuk mengurangi terik matahari diatap gedung. Dibawahnya ditanam tanaman lain dalam kontainer yang lebih pendek daripada tiang di dekatnya.

  1. Penanaman Langsung

Setelah pemasangan alas diatap gedung, kemudian dilanjutkan dengan peletakan media tanah diatasnya secara langsung dan kemudian ditanami. Dengan teknik ini membutuhkan jumlah tanah yang cukup banyak tapi juga menghasilkan taman yang lebih indah seperti dicontohkan di puncak gedung di Chicago (www.cityofchicago.org), selain itu juga butuh biaya yang sangat besar untuk perawatannya lebih lanjut. Dengan teknik ini hal-hal yang harus dipertimbangkan antara lain :

  • Struktur bangunan (atapnya tentu saja)
  • Penyimpanan air dan irigasi
  • Alas yang dapat menyerap air
  • Lapisan pelindung cahaya
  • Media tanam

Tidak ada komentar:

Buat Web Mu Nge Hasilin Duit

Pusing nge klik terus di PTC atau PPC ? Join aja kesini, gak usah pake klik, tinggal join aja bisa dapat uang (komisi gratis). Sudah terbukti 100% gratis: http://www.komisigratis.net/?id=bigprofit99