Alternatif bekerja di Rumah

Minggu, 10 Mei 2020

Taman di atas gedung untuk meningkatkan ketahanan pangan saat krismon paska Covid19

Membuat taman di atas gedung itu sudah menjadi ide saya sejak 2008. Tapi baru sekarang bisa mewujudkannya. Bisa dilihat pada blog saya tahun 2008. Banyak sekali kendala yang menghalangi saya untuk mewujudkan Ide ini tapi saya merasa perlu mengulas ini lagi sejak ada krisis yg di sebabkan Covid19 ini.
Taman di atas gedung atau di atas balkon atau di teras yang sempit itu memungkinkan untuk dilakukan. Dan ide ini memberikan solusi ketahanan pangan bagi kita kalangan menengah yang notabene tidak mendapatkan BLT. 
Iya, target pembahasan kali ini adalah kalangan menengah, bisa yg masih ada pekerjaan atau yg sudah di suruh WFH. Padahal kalangan menengah juga merasakan dampak buruknya krismon paska Covid19.
Daripada berpangku tangan saja marilah kita mulai menyingsingkan lengan dan baju untuk menanam tanaman di atas gedung atau di balkon.
Menanam di atas gedung atau di balkon ditujukan kepada kita kita yang berada di perumahan atau di apartemen.
Di lahan yang sempit bisa kita tanami cabe merah, mulberry, kangkung , jeruk daun ,ginseng dan lain-lain. Tentu saja lahan seperti ini tidak memungkinkan kalau kita ingin menanam durian atau pohon asam atau pohon lainnya yang pohon besar.
Wadah pembibitan bisa kita pakai wadah dari aluminium foil plastik bekas makanan atau kotak susu yang telah kita buka. 
Mari kita memanfaatkan bahan-bahan barang-barang bekas yang tidak dipakai.
Untuk benihnya bisa kita pakai yang beli online, beli di toko pertanian, atau minta dari teman, tetangga atau keluarga lainnya.  Media tanam juga bisa memakai tanah biasa atau tanah yang beli humus.
Setelah tumbuh agak besar tanaman bisa kita pindah menggunakan pot bunga ,polybag atau kaleng bekas cat.

 Untuk penyiraman tergantung tanaman. Ada yang harus disiram sehari dua kali, ada yang cukup dua hari sekali.
Sesekali bisa juga kita tambahin nutrisi yang bisa kita dapat setiap hari yaitu air cucian beras. 
Pupuk yang lain yang bisa kita pakai yaitu NPK, AB mix atau MSG ( Ajinomoto, Sasa dll )

Wadah bekas nasi Bancakan pun bisa kita pakai untuk menanam kangkung.
Media lain yang bisa dipakai yaitu kita memakai hidroponik dengan botol bekas yang telah dilubangi dan dipasang kain flanel.
Berkebun di atas gedung atau di atas balkon sebaiknya dilakukan pagi sebelum jam 9 atau sore hari sesudah ashar.
tujuannya adalah untuk menghindari adanya UV C yang bisa menyebabkan kanker kulit. untuk UV Adan UV B bisa bermanfaat untuk meningkatkan vitamin d pada tubuh. UV A Dan UV B didapatkan pada pagi dan sore hari. 
Manfaat lain berkebun di atas gedung yaitu mengurangi kurang gerak yg terjadi pada WFH. Saat WFH kita cenderung "mager" alias malas gerak. padahal malas gerak itu bisa menimbulkan penyakit metabolik antara lain kolesterol , diabetes dan obesitas. 
Sekian dulu liputan tentang Taman diatas balkon saya.  Saya akan meliput terus perkembangan tanaman-tanaman saya hingga membuahkan hasil. 

Tidak ada komentar:

Buat Web Mu Nge Hasilin Duit

Pusing nge klik terus di PTC atau PPC ? Join aja kesini, gak usah pake klik, tinggal join aja bisa dapat uang (komisi gratis). Sudah terbukti 100% gratis: http://www.komisigratis.net/?id=bigprofit99